Ekonomi Mikro di Indonesia

Sudahkah anda mendengar tentang perekonomian mikro? Istilah ini digunakan ketika produsen dan konsumen melakukan sebuah kegiatan perekonomian. Bagaimana jenis ekonomi ini mempengaruhi kehidupan perekonomian sehari-hari di Indonesia? Yuk, simak penjelasan mengenai apa itu ekonomi mikro dan contoh-contohnya di Indonesia.

Apa itu ekonomi mikro?

Didalam ekonomi mikro kita mempelajari  bagaimana perilaku produsen dan juga konsumen. Beserta kita dapat mengetahui penentuan harga pasar, kuantitas faktor input , barang dan jasa yang diperjual belikan.

Proses terjadinya perekonomian mikro bisa terlihat saat produsen dan konsumen melakukan kegiatan ekonomi. Di Indonesia saat ini telah ada 40 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), namun pertumbuhannya masih belum signifikan mempengaruhi PDB. Pertumbuhan ekonomi mikro sekarang belum terlihat, sehingga saatnya untuk membangun ekonomi mikro untuk jadi pendukung ekonomi makro.

Berikut ini merupakan contoh-contoh perekonomian mikro yang ada di Indonesia.


1. Permintaan

Permintaan adalah jumlah barang dan jasa yang diminta dan mampu dibeli oleh konsumen dalam tingkat harga dan waktu tertentu. Ketika ada permintaan, apalagi ketika harga barang dan jasa semakin tinggi, maka semakin turun jumlah permintaan terhadap barang dan jasa tersebut.

Sebaliknya, ketika harga barang dan jasa semakin rendah, maka semakin tinggi permintaan konsumen terhadap barang dan jasa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pelaku yang melakukan permintaan terhadap barang dan jasa merupakan konsumen.


2. Penawaran

Penawaran adalah jumlah dan juga jasa yang ada untuk dijual atau ditawarkan kepada pihak produsen maupun penjual dengan berbagai tingkatan harga dan dalam waktu tertentu. Pada teori ini semakin tinggi harga maka semakin naik juga jumlah barang maupun jasa yang ditawarkan. Itu pun belaku Sebaliknya, semakin rendah harga maka semakin turun jumlah barang dan jasa yang ditawarkan.

Dalam hal ini yang melakukan kegiatan penawaran adalah produsen. Penawaran ini dipengaruhi oleh: Harga barang tersebut Biaya produksi Teknologi yang digunakan Perkiraan harga di masa depan

Penawaran dipengaruhi oleh: Harga barang tersebut Biaya produksi Teknologi yang digunakan Perkiraan harga di masa depan.


3. Perilaku konsumen dan produsen

Perilaku konsumen merupakan perilaku dalam segala aktivitas dan proses yang dilalui oleh seseorang dalam pemilihan, pencarian, pembelian, dan penggunaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan

Perilaku produsen adalah upaya, proses, dan aktivitas untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh pasar dan menghasilkan keuntungan.

Salah satu contoh perilaku produsenyakni; Perusahaan memberikan potongan harga untuk barang atau jasa dengan tujuan meningkatkan minat konsumen.


4. Harga

Harga biasanya berhubungan dengan nilai barang yang diwujudkan dengan uang. Harga merupakan salah satu unsur dalam pemasaran yang menghasilkan keuntungan. Fungsi harga sebagai alat ukur atau satuan nilai suatu barang dan jasa. Perubahan harga ditentukan dengan penentuan harga, kondisi ekonomi, kurva permintaan, dan biaya.


5. Biaya

Contoh ekonomi mikro di Indonesia selanjutnya adalah biaya. Biaya lebih diartikan sebagai pengorbanan yang dilakukan perusahaan atau perseorangan agar dapat memperoleh lebih banyak manfaat dari berbagai aktivitas yang dilakukan. Biaya juga mempengaruhi terjadinya perubahan harga, seperti biaya bahan baku yang tinggi berakibat pada naiknya harga produk.

Dalam dunia ekonomi, biaya juga sering disebut cost karena biaya ini yang akan dikeluarkan dengan tujuan supaya output produksi yang dihasilkan dapat terwujud sesuai dengan target.


6. Pasar

Pasar sendiri merupakan tempat di mana penjual dan pembeli bertemu dan melakukan transaksi jual beli. Namun, pengertian mengenai pasar tidak harus berkaitan dengan bentuk fisik karena pasar tidak memiliki letak geografis dan bisa dilakukan secara daring atau online.


Kesimpulan

Ekonomi mikro merupakan pengetahuan yang mempelajari aktivitas perekonomian yang berbentuk bagian terkecil, yang memusatkan perhatiannya pada persoalan bagaimana customer akan membagikan pendapatannya yang terbatas pada berbagai jenis barang serta layanan yang diperlukan untuk memperoleh kenikmatan maksimum.

Ekonomi mikro menganalisa pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga relatif pada produk dan jasa, serta alokasi dari sumber terbatas diantara banyak penggunaan alternatif.

Share:

Arsip Blog

Recent Posts