ICAEW Proyeksi Ekonomi Indonesia Melesat 6 Persen pada 2021

ICAEW Proyeksi Ekonomi Indonesia Melesat 6 Persen pada 2021

Komentar Lihat Foto
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi Indonesia
Penulis: Kiki Safitri
 | 
Editor: Yoga Sukmana

JAKARTA, KOMPAS.com - Oxford Economics, bersama the Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) memproyeksikan Produk Domestik Bruto (PDB) di seluruh Asia Tenggara akan terkontraksi 4,1 persen pada 2020, sebelum melonjak tajam menjadi 6,2 persen pada 2021.

Kebijakan makro dinilai akan tetap berperan akomodatif, dengan dukungan fiskal yang ekstensif dan suku bunga rendah.

ICAEW Regional Director, Greater China and South-East Asia, Mark Billington mengatalan, di Indonesia laju pemulihan dinilai masih belum pasti, terutama akibat tren mobilitas yang lemah, impor yang tergelincir dua digit, dan melemahnya penjualan retail.

Meskipun demikian, volume penjualan retail dan produksi industri di Indonesia relatif stabil jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara lainnya yang terpukul oleh pandemi Covid-19 yang cukup keras.

"Secara keseluruhan, pandemi diperkirakan akan meninggalkan bekas luka permanen pada tingkat PDB Indonesia, yang diperkirakan akan menyusut sebesar 2,2 persen tahun ini sebelum melonjak menjadi 6 persen pada tahun 2021, dengan bantuan belanja konsumen dan infrastruktur,” kata Mark melalui siaran pers, Senin (28/12/2020).

Share:

Arsip Blog

Recent Posts