Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III 2019 Diramal Melambat di 4,9 Persen

Merdeka.com - Kepala Kajian Makro LPEM UI, Febrio Nathan Kacaribu, memperkirakan pertumbuhan ekonomi melambat di kuartal III 2019. Namun, akan kembali menguat di 2020.
"Secara overall ada konsensus 2019 ada 5,0 persen, kuartal III mungkin 4,9 persen, tapi 2020 ada penguatan," kata dia dalam sebuah acara diskusi di Menara BCA, Jakarta, Jumat (18/10).
Dalam kesempatan serupa, Direktur Riset Centre of Reform on Economics Piter Abdullah mengungkapkan hal yang sama. Dia memprediksi pertumbuhan ekonomi kuartal III 2019 hanya sampai kisaran 4,95 persen hingga 5,05 persen.
"Untuk CORE pertumbuhan ekonomi kuartal III-2019 4,95 persen sampai 5 persen. Most likely di bawah 5 persen," ujarnya.
Dia mengungkapkan salah satu faktor pendorong dalam pertumbuhan ekonomi adalah konsumsi yang berperan sebesar 56 persen terhadap keseluruhan perekonomian. Selanjutnya ada investasi yang jika digabung dengan konsumsi berkontribusi sebesar 80 persen terhadap ekonomi.
Oleh karena itu, di kuartal berikutnya, Piter meyakini kinerja perekonomian bakal kembali membaik karena faktor liburan Natal dan Tahun Baru.
"Di triwulan IV (pertumbuhan ekonomi) akan balik lagi karena faktor liburan natal dan tahun baru, karena secara siklus penurunan memang terjadi di September, Oktober, November dan Desember naik lagi," tutupnya.
Sumber:Merdeka.com
Share:

Recent Posts